Sumber Daya Manusia

Rincian tugas Sub Bagian Administrasi Personalia, Umum dan Rumah Tangga Universitas adalah :

  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan rencana dan program kerja Bagian personalia;
  2. Menghimpun dan mengkaji peraturan di bidang personalia;
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan Rencana Operasional (Renop)/tahunan dan Rencana Strategis (Renstra)/lima tahunan pada biro administrasi umum dan keuangan;
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan administrasi layanan eksternal dan internal terkait personalia;
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan rencana formasi, pengumuman penerimaan, penyaringan, usul dan pengangkatan calon dosen atau karyawan serta pelantikan, dan serah terima jabatan;
  6. Mengkoordinasikan pelaksanaan baik internal maupun eksternal mengenai Penilaian Pegawai, Asuransi Kesehatan (Askes), Asuransi tenaga kerja, Tabungan dana pensiun karyawan (DPLK) dan mempersiapkan usul pemberian tanda penghargaan;
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan urusan mutasi pegawai;
  8. Mengkoordinasikan pelaksanaan pemberian cuti;
  9. Mengkoordinasikan,  memonitoring,  dan    mengevaluasi rencana dan pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan yang diikuti dosen dan karyawan;
  10. Mengkoordinasikan pengelolaan dan penyimpanan dokumen kepegawaian;
  11. Menyusun  laporan  bagian  sebagai    pertanggung jawaban kepada biro administrasi umum dan keuangan.

Rincian tugas Sub Bagian Personalia, Umum dan Rumah Tangga adalah :

  1. Membuat rencana kerja Bagian Personalia, Umum dan Rumah Tangga setiap tahun;
  2. Mengkoordinasikan kegiatan pengadaan barang dan inventarisasi aset Universitas;
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan Rencana Operasional (Renop)/tahunan pada Biro Administrasi Umum dan Keuangan;
  4. Monitoring dan evaluasi secara periodik terhadap pemeliharaan/perawatan gedung, sarana prasarana, kebersihan, keindahan, dan pertamanan yang ada di lingkungan kampus;
  5. Pemeliharaan dan evaluasi serta mengembangkan semua aset universitas secara periodik;
  6. Melaksanakan operasional administrasi (persuratan) baik internal maupun eksternal universitas;
  7. Menyusun laporan bagian sebagai pertanggung jawaban kepada atasan.

Tugas Umum dan Rumah Tangga

Dan disini saya mau menjelaskan tentang tugas Sub bagian umum dan rumah tangga terdiri dari :

  1. Tugas Pokok Urusan Perlengkapan, Rumah Tangga, dan Inventarisasi Asset 
  1. Melakukan rekapitulasi permohonan ATK dari unit kerja dan fakultas
  2. Merencanakan pemesanan dan pengadaan ATK kepada rekanan 
  3. Mencatat penerimaan dan pendistribusian ATK
  4. Membuat laporan ATK secara berkala 
  5. Melakukan pendajadwalan peminjaman/pemakaian auditorium dari unit kerja, fakultas dan lembaga.
  6. Melayani pengambilan jas almamater, kalender dan kelengkapan wisuda 
  7. Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran jas almamater dan kelengkapan wisuda 
  8. Melakukan perawatan kelengkapan wisuda mahasiswa dan jajaran senat universitas
  9. Membantu menerima laporan dan informasi yang terkait dengan urusan kendaraan, instalansi dan maintenance serta kebersihan dan taman. 
  10. Melakukan perbaikan mebeler dan peralatan lain 
  11. Merekapitulasi pengajuan permintaan mebeler dari unit kerja dan fakultas 
  12. Melakukan identifikasi dan pengecekkan lapangan berdasar surat pengajuan mebeler 
  13. Melakukan pengecekkan inventaris melalui surat yang dikirim ke setiap unit kerja dan fakultas
  14. Membuat laporan inventarisasi secara periodik 

Pengadaan

Pengadaan ATK

 

Pengadaan Barang Mebel

  • PIMPINAN UNIVERSITAS

1

Rektor

Sri Huning Anwariningsih, ST., M.Kom.

2

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama (AKAK)

Dr. Erwin Kartinawati, S.Sos., M.I.Kom.

3

Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Keuangan, dan Pengembangan (SKP)

Destina Paningrum, SE., MM.

4

Dekan Fakultas Sosial Humaniora  dan Seni :

Marwahyudi, MT.

5

Dekan Fakultas Sains, Teknologi, dan Kesehatan :

Firdhaus Hari Saputro Al Haris, ST, M.Eng

6

Ketua Program Studi Keperawatan

Fajar Alam Putra, S.Kep, Ns, MKM

7

Ketua Program Studi Profesi Pendidikan Ners

Vitri Dyah Herawati, S.Kep,Ns, M.Kep

8

Ketua Program Studi Farmasi

Apt Khotimatul Khusna, S.Farm, M.Si

9

Ketua Program Studi Informatika

Hardika Khusnuliawati, S.Kom, M.Kom

10

Ketua Program Studi Teknik Industri

Anita 0ktaviana Trisna  Devi, S.T.,M.T

11

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual

Evelyne Henny Lukitasari, S.Sn, M.Sn

12

Ketua Program Studi Desain Interior

Henny Trihastuti Hasana. ST., M.Sn

13

Ketua Program Studi Psikologi

Faqih Purnomosidi, S. Psi., M. Si

14

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi

Dr. Rahmat Wisudawanto, S.S., M.Hum.

15

Ketua Program Studi Administrasi Bisnis

Anggit Dyah K., S. AB., M. AB

SEJARAH UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA

     Universitas Sahid Surakarta (USS) didirikan atas saran dan ide Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S Gitosardjono yang memberikan arahan untuk memekarkan Akademi Pariwisata Sahid (AKPAR SAHID). Wujud dukungan dan restu dari Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S Gitosardjono sebagai Ketua Dewan Pendiri dan Pembina Yayasan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya adalah dengan diterbitkannya SK pendirian Universitas Sahid Surakarta (USS) No : 044/KPP – YSJ/Kpts/VIII/2001 tertanggal 30 Agustus 2001.

Dalam perjalanan pengurusan ijin tersebut akhirnya mendapatkan ijin resmi berdirinya USS oleh Menteri Pendidikan No : 084/D/0/2002 tanggal 22 Agustus 2002 dan Program Studi yang diselenggarakan oleh USS sesuai dengan ijin tersebut semuanya program strata 1 yang meliputi : Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Bisnis, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknologi Pertanian, Teknologi Pengolahan Makanan dan Agrobisnis.

Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya yang peduli dan peka terhadap kehidupan masyarakat, menanggapi keluhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas dirasakan belum mencukupi dari kebutuhan, ditambah dengan meningkatnya perkembangan infrastruktur, seperti sarana kesehatan berupa Rumah Sakit, Puskesmas, Rumah Bersalin, Poliklinik yang terus bertambah. Sejalan dengan kebijaksanaan pemerintah c/q Departemen Kesehatan, bahwa swasta sebagai mitra pemerintah, wajib ikut berperan serta dalam melakukan fungsi dan tanggungjawab sosial dalam upaya memenuhi kebutuhan pelayanan dan pemerataan kesehatan. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya melalui lembaga pendidikan USS membuka Program Studi Ilmu Keperawatan dengan tujuan  dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumberdaya manusia yang profesional dalam bidang keperawatan. Pada tanggal 28 September 2004 USS mendapat ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Keperawatan dari Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor : 3851/D/T/2004..

Memasuki era globalisasi masa persaingan bebas yaitu membanjirnya sumber daya manusia dari luar negeri, hal tersebut perlu diantisipasi dan merupakan tantangan bagi USS untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas siap bekerja yang memiliki standar profesi keperawatan, sehingga pada tahun 2010 USS menyelenggarakan Program Studi Profesi Ners dan telah memiliki ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Profesi NERS dari Menteri Pendidikan Nasional Nomor :75/D/O/2010 tanggal 9 Juni 2010

Demi menyesuaikan dengan peraturan pemerintah tentang yayasan, maka Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya (YSJ) selaku badan penyelenggara USS mengajukan perbaikan/pembaharuan SK no 184/D/O/2002 tentang ijin pendirian USS terutama terkait perubahan nama badan penyelenggara USS. Usulan ini sudah disetujui oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan dikeluarkannya SK No 15/KPT/I/2017 tentang perubahan badan penyelenggara Universitas Sahid Surakarta di Kota Surakarta dari Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya Cabang Surakarta menjadi Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya.

Selain itu, pentingnya riset akan penemuan obat baru, pengembangan obat-obatan yang telah ada di pasaran dalam rangka memperbaiki kualitas produk masih sangat diperlukan industri farmasi. Demikian juga dengan permintaan akan obat tradisional maupun obat herbal di kalangan masyarakat, maka inovasi juga akan sangat diperlukan dalam rangka pengembangan obat-obatan tradisional. Hal ini mendorong USS untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Farmasi. Pada tanggal 19 Januari 2017, USS mendapat izin pembukaan Program Studi Farmasi program sarjana dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45/KPT/I/2017. Dengan dibukanya Program Studi Farmasi USS maka outcome dari Program Studi Farmasi USS akan dapat turut serta dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya di bidang obat-obatan. Sejalan dengan pengelolaan sumber daya manusia serta peningkatan Nation Competitiveness di Indonesia dan mampu bersaing dengan dunia Internasional.

Sejak 2005, Ada 4 fakultas yang ada di lingkungan Universitas Sahid Surakarta, yaitu: 

  • Fakultas Teknik, yang menyelenggarakan Program Studi S1 Teknik Informatika dan Prodi S1 Teknik Industri
  • Fakultas Ilmu Komunikasi dan Manajemen yang menyelenggarakan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi dan Prodi S1 Administrasi Niaga/Bisnis
  • Fakultas Seni dan Desain yang menyelenggarakan Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual dan Prodi S1 Desain Interior
  • Fakultas Ilmu Kesehatan yang menyelenggarakan Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Program Pendidikan Profesi Ners, dan Psikologi

Pada tahun 2014, jumlah fakultas tetap 4 akan tetapi ada perubahan nama fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi dan Manajemen menjadi Fakultas Bisnis dan Komunikasi. Perubahan ini ditetapkan oleh SK Rektor Nomor 049/SK/R/Usahid-Ska/VI/2014.

Pada tahun 2018, ada penyederhanaan struktur organisasi yang semula ada 4 fakultas diringkas menjadi 2 fakultas yang ditetapkan oleh SK Rektor Nomor 002a/SK/R/Usahid-Ska/I/2018, yaitu: 

  • Fakultas Sosial, Humaniora, dan Seni, yang menyelenggarakan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, S1 Administrasi Bisnis, S1 Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior 
  • Fakultas Sains dan Teknologi yang menyelenggarakan Program Studi S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Industri, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Psikologi,  dan Program Pendidikan Profesi Ners.

Pada tahun 2018, jumlah fakultas tetap 2 tetapi ada perubahan nama fakultas yaitu dari Fakultas Sains dan Teknologi menjadi Fakultas Sains, Teknologi, dan Kesehatan (SK Rektor Nomor 061/SK/R/Usahid-Ska/IV/2019). Hal ini didasarkan pada Nomenklatur Keputusan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 257/M/Kpt/2017 Tentang Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi dan masukan dari beberapa dosen maupun praktisi kesehatan yang menyatakan bahwa keperawatan, program pendidikan profesi Ners, dan farmasi masuk ke kesehatan. Sedangkan psikologi masuk ke dalam rumpun ilmu sosial. Sehingga fakultas menjadi:

  • Fakultas Sosial, Humaniora, dan Seni, yang menyelenggarakan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, S1 Administrasi Bisnis, S1 Desain Komunikasi Visual, , S1 Psikologi, dan S1 Desain Interior 
  • Fakultas Sains, Teknologi, dan Kesehatan yang menyelenggarakan Program Studi S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Industri, S1 Ilmu Keperawatan,  dan Program Pendidikan Profesi Ners.

Pada tanggal 9 Januari 2017, SK ijin pendirian Program Studi S1 Farmasi sudah disetujui DIKTI. Penyelenggara S1 Farmasi diserahkan kepada Fakultas Sains, Teknologi, dan Kesehatan (FSTK) sehingga jumlah prodi di bawah menjadi 5 program studi.