1. Latar Belakang
Teknologi informasi sangat dibutuhkan diberbagai bidang kehidupan manusia. Demikian juga Universitas Sahid Surakarta dalam menjalankan proses pembelajarn dan seluruh kegiatan setiap hari, tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Sehingga memerlukan suatu unit/ bagian yang bertanggung jawab terhadap layanan fasilitas teknologi informasi agar dapat digunakan dengan baik oleh seluruh sivitas akademika.
Menurut Statuta Universitas Sahid Surakarta tahun 2019 Pasal 30, Pusat Sistem Informasi Terpadu (PSIT) adalah unsur penunjang Universitas yang berbentuk Unit Pelaksanaan Teknis di bidang pelayanan sistem informasi universitas. PSIT mempunyai tugas sebagai berikut: a) Merencanakan pengembangan dan pemeliharaan fasilitas (kuantitas dan kualitas) sistem informasi sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi, b) Mengembangkan sistem informasi sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang meliputi: pengumpulan dan pengolahan data (akademik, umum, kepegawaian, keuangan, dan kemahasiswaan) secara terpadu, c) Menyediakan pelayanan sistem informasi untuk mendukung seluruh proses kegiatan sivitas akademika, d) Melayani dan mengelola kebutuhan penggunaan sistem informasi internal dan eksternal. Sehingga untuk melaksanakan semua tugas di PSIT tersebut memerlukan program kerja yang jelas agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.
2. Dasar/ Landasan Hukum
Statuta Universitas Sahid Surakarta tahun 2019.
3. Sasaran
Sasaran yang harus dicapai PSIT antara lain :
a. Mewujudkan rencana pengembangan dan pemeliharaan fasilitas (kuantitas dan kualitas) sistem informasi sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi;
b. Mengembangkan sistem informasi sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang meliputi : pengumpulan dan pengolahan data (akademik, umum, kepegawaian, keuangan, dan kemahasiswaan) secara terpadu;
c. Menyediakan pelayanan sistem informasi untuk mendukung seluruh proses kegiatan sivitas akademika;
d. Melayani dan mengelola kebutuhan penggunaan sistem informasi internal dan eksternal;
4. Ruang Lingkup
Pusat Sistem Informasi Terpadu (PSIT) terdiri dari :
a. Bidang administrasi;
b. Bidang pelayanan/ operator;
c. Bidang tenaga teknis dan tenaga ahli.
5. Struktur Organisasi
PSIT dipimpin oleh seorang kepala, bertanggung jawab kepada Rektor di bawah pembinaan wakil rektor bidang akademik, kemahasiswaan, alumni dan kerjasama (AKAK)
Susunan pelaksanan di PSIT sebagai berikut :
1. Kepala : Dwi Retnoningsih, ST, MT
2. Staf Sistem Informasi : Farid Fitriyadi, S.Kom, M.Kom
3. Staf Jaringan dan Komputer : Reno Dria Pamungkas, S.Kom
6. Layanan PSIT
Layanan yang dilakukan pada PSIT dapat dilihat pada tabel 1 berikut :
Susunan pelaksanan di PSIT sebagai berikut :
1. Kepala : Dwi Retnoningsih, ST, MT
2. Staf Sistem Informasi : Farid Fitriyadi, S.Kom, M.Kom
3. Staf Jaringan dan Komputer : Reno Dria Pamungkas, S.Kom
6. Layanan PSIT
Layanan yang dilakukan pada PSIT dapat dilihat pada tabel 1 berikut :
NO | LAYANAN | DETAIL LAYANAN | |
1 | Layanan Website · Tata kelola, layanan teknis, dan update konten. | a. Website Universitas (www.usahidsolo.ac.id) b. Website Program Studi c. Website Alumni (Tracer Study) d. Website Perpustakaan | |
2 | Layanan Teknis Sistem Informasi dan aplikasi | a. SIAKAD (https://siakad.usahidsolo.ac.id) b. SISFO (https://sisfo.usahidsoo.ac.id) c. SISTER (https://sister.usahidsolo.ac.id) d. SIKEU e. Admisi PMB f. Sosial media universitas dan fakultas g. Digital library (https://digilib.usahidsolo.ac.id) h. Repository (https://repsitory.usahidsolo.ac.id) | |
3 | LayananPublikasi Jurnal (OJS) · Tata kelola, dan layanan teknis Publikasi Jurnal semua fakultas dan semua Prodi | Jurnal Prodi : a. Jurnal GAUNG INFORMATIKA (Prodi Informatika) b. Jurnal JIKI (Prodi Keperawatan) c. Jurnal TALENTA (Prodi PSIKOLOGI) d. Jurnal KEMADHA (Prodi Desain Komunikasi Visual) e. Jurnal KOMUNITAS (Prodi Ilmu Komunikasi ) f. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (Prodi Ilmu Administrasi Bisnis) g. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna/ JPTTG (Prodi Desain Interior) Jurnal Fakultas : a. JIMSTEK (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sains Teknologi dan Kesehatan) b. ASSOSIATIV (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Humaniora dan Seni) | |
4 | Layanan Jaringan Komputer | a. Instalasi Server Router b. Monitoring Server Router c. Troubleshooting Server d. Instalasi Jaringan Komputer e. Monitoring Jaringan Komputer f. Troubleshooting Jaringan Komputer | |
5 | Layanan Internet | a. Tata kelola teknis, layanan, dan manajemen internet b. Upgrade perangkat wifi lantai 2, 3, 4 | |
6 | Layanan Hosting dan Domain | Tata kelola, layanan teknis, dan manajemen Hosting dan Domain | |
8 | IT Support dan Troubleshooting | a. Semua Prodi b. Semua Fakultas c. Semua Bagian BAAK, Keuangan, Personalia, Umum dan RT, Perpustakaan, PMB, Poliklinik. d. Laboratorium Komputer e. Laboratorium Perangkat Lunak f. Laboratorium Garfis g. Laboratorium Jaringan dan Komputer | |
9 | Layanan Laboratorium Komputer | a. Instalasi Perangkat Keras b. Instalasi Perangkat Lunak c. Troubleshooting Perangkat Komputer d. Instalasi Jaringan Komputer e. Monitoring Jaringan Komputer f. Troubleshooting Jaringan Komputer | |
10 | Layanan Teknis Repository | Pembuatan dan layanan teknis Repository Perpustakaan untuk data karya ilmiah mahasiswa dan dosen Universitas Sahid Surakarta. |
Copyright © 2024 Universitas Sahid Surakarta. All rights reserved.