Teknik Industri

Ulasan Singkat Program

Teknik Industri adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang (design), meningkatkan (improvement) dan memasang (install) sebuah sistem terintegrasi, yang terdiri dari bahan baku, sumber daya manusia, alat, informasi dan energi.

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang unik karena tidak hanya mempelajari keilmuan teknik tetapi juga ilmu sosial, ekonomi, dan kesehatan.

Teknik Industri memberi bekal ilmu yang luas sehingga bidang pekerjaan yang diperoleh juga semakin bnyak. Teknik Industri Universitas Sahid Surakarta memiliki slogan “Upgrading Your Competence” (Meningkatkan Kompetensi Anda) untuk menjadi pemacu dalam memberikan pelayanan akademik yang mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa.

 

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Industri yang mampu bersaing dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat,berjiwa wirausaha, berbasis ipteks di Jawa Tengah

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran dengan memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, perilaku, dan iklim yang baik dalam bidang teknik industri agar mampu mandiri.
  2. Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian berskala regional.
  3. Membangun softskill mahasiswa di bidang kewirausahaan berbasis ipteks.
  4. Menyebarkan hasil penelitian dan teknologi dalam bidang industri, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) agar dapat bermanfaat dan berperan dalam kehidupan masyarakat.

 

Pimpinan Fakultas

No. Nama Jabatan
1. Firdhaus Hari Saputro Al Haris Dekan
2. Fajar Alam Putra Ka. Ilmu Keperawatan
3. Hardika Khusnuliawati Ka. Informatika
4. Anita Oktaviana Trisna Devi Ka. Teknik Industri
5. Khotimatul Husna Ka. Farmasi

 

Kompetensi Prodi

  1. Kompetensi Utama

Secara umum, kompetensi utama yang harus dimiliki sarjana Teknik Industri sesuai dengan kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesai ) adalah sebagai berikut :

  • Mampu melakukan perancangan dan perbaikan proses dan sistem pada suatu organisasi / industri untuk meningkatkan produktivitas serta kualitas suatu organisasi / industri.
  • Mampu melakukan pemasangan (installation) proses dan sistem yang dirancang pada suatu organisasi/industri.
  • Mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang industri dengan menggunakan konsep dan pendekatan sistem.

 

  1. Kompetensi Pendukung

Dalam menerapkan kompetensi utama, sarjana Teknik Industri Universitas Sahid Surakarta harus memiliki kompetensi pendukung di bidang :

  • Ergonomi dan K3 ( Kesehatan dan Keselamatan Kerja)
  • Proses Manufaktur
  • Manajemen Sistem Informasi
  • Manajemen Kualitas
  • Kewirausahaan

 

  1. Kompetensi Khusus

Sarjana Teknik Industri Universitas Sahid Surakarta diharapkan memiliki kompetensi khusus di bidang :

  • Kesehatan,Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup
  • Industri Pariwisata dan Perhotelan
  • Software Engineering

 

Prospek Karier

  1. Konsultan
  2. Supervisor
  3. Manajer
  4. PPIC (Production Planning and Inventory Control)
  5. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
  6. Logistik

 

Capaian Pembelajaran

  1. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi.
  2. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi).
  3. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental.
  4. Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration).
  5. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem.
  6. Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor- faktor ekonomi, sosial, dan kultural.
  7. Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi.
  8. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.
  9. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum.
  10. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa.
  11. Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif.
  12. Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etikal keprofesian.
  13. Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup.
  14. Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja.

7 Alasan Kuliah di Usahid Surakarta

Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S. Gitosardjono di bawah Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya. Usahid Surakarta berdiri pada tahun 2002 dengan ijin Menteri Pendidikan No : 084/D/0/2002 tanggal 22 Agustus 2002. Mengapa memilih kuliah di Usahid Surakarta?

Usahid Surakarta memiliki 9 Program studi program sarjana dan 1 program profesi yang lulusannya sangat dibutuhkan di dunia kerja, yaitu: (1) Keperawatan, (2) Program Pendidikan Profesi Ners, (3) Farmasi, (4) Informatika, (5) Teknik Industri, (6) Psikologi, (7) Ilmu Komunikasi, (8) Administrasi Bisnis, (9) Desain Komunikasi Visual, dan (10) Desain Interior. Dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk menempuh kuliah sesuai dengan bidang ilmu yang dipadukan dengan karir yang akan ditekuni ketika lulus nanti.

Kampus Usahid Surakarta terletak di Jalan protokol di Kota Surakarta. Hanya berjarak 7,9 km dari Bandara Adisumarmo dengan waktu tempuh hanya 16 menit, 4,5 km dari Stasiun Balapan dengan waktu tempuh 12 menit, 4,8 km dari Stasiun Purwosari dengan waktu tempuh 12 menit, 4,5 km dari Terminal Tirtonadi dengan waktu tempuh 10 menit. Jalur trasportasi kota sangat mudah ditemukan. Kampus Usahid Surakarta dilalui jalur Trans-Solo, sehingga mudah dijangkau dengan angkutan umum dari kota manapun. Kampus Usahid Surakarta juga dekat dengan pusat perbelanjaan, pasar, dan sarana olahraga. 

Kenyamanan lingkungan kuliah sangat menunjang keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Kampus Usahid Surakarta memiliki kampus 4 lantai dengan lingkungan yang rindang dan sejuk, sehingga mendukung kenyamanan suasana belajar dan diskusi menyatu dengan alam terbuka. Lapangan yang luas dengan tumbuhan yang tinggi dan rindang menambah suasana kampus yang anggun dan alami.

Seluruh program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-PT Kes. Sebanyak 90% program studi yang dikelola telah terakreditasi B. Pengelolaan penjaminan mutu Usahid Surakarta dengan serius mengawal kualitas program studi agar selalu meningkat sejalan dengan perkembangan zaman.

Biaya kuliah merupakan salah satu pertimbangan yang sangat vital bagi para calon mahasiswa. Biaya kuliah di Usahid Surakarta sangat terjangkau, namun mahasiswa mendapatkan vasilitas yang memadahi. Sistem pembayarannya sangat fleksibel, sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Masyarakat di sekitar kampus merupakan lingkungan yang menyediakan fasiltas kost-kost-an, sehingga mahasiswa dari luar kota dan luar Jawa dapat dengan mudah mendapatkan tempat kost yang dekat dengan kampus yang sangat terjangkau dengan hanya berjalan kaki. Masyarakat Solo sangat peduli dengan keamanan dan kenyamanan lingkungan, sehingga kost-kost-an aman dari gangguan keamanan maupun gangguan sosial. Masyarakat kota Solo yang ramah dan bersahabat sangat mendukung kehidupan sosial yang nyaman untuk tinggal selama masa kuliah. Biaya sewa kamar kost-kost-an sangat terjangkau berkisar Rp 300.000,- hingga Rp 600.000,- per bulan.

Selain biaya kuliah tentu para orangtua juga sangat mempertimbangkan biaya hidup sehari-hari, terutama kebutuhan makan. Warung makan di sekitar kampus dan di dalam kampus menyediakan berbagai menu masakan yang enak, namun dengan harga yang sangat murah. Mahasiswa dapat makan dengan harga berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- sekali makan. Pakaian sehari-hari dapat diperoleh dengan mudah dan murah yang dapat dibeli dari pasar tradisional maupun pasar swalayan/mall dengan harga yang sangat terjangkau.

Related Downloads

Kontak Admisi