Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni Universitas Sahid (USAHID) Surakarta terbentuk berdasarkan Keputusan Mendiknas Nomor 184/D/O/2002 tanggal 22 Agustus 2002, legalitas izin operasional Nomor 10894/D/T/K-VI/2012 tanggal 6 Maret 2012. Saat ini memiliki tenaga dosen tetap lulusan S3 sebanyak 1 orang dan S2 sebanyak 5 orang, 2 diantaranya sedang studi lanjut S3. Prodi Ilmu Komunikasi Usahid memiliki 2 konsentrasi jurusan, yakni Humas atau Public Relations dan Jurnalistik. Berdasarkan SK Ban-PT No 1942/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018, Prodi Ilmu Komunikasi berakreditasi B.
Dengan bekal nilai akreditasi tersebut, kesempatan dan peluang Prodi Ilmu Komunikasi akan semakin luas di era media dan teknologi informasi komunikasi yang semakin cepat bertumbuh. Meskipun demikian, seiiring dengan banyaknya jumlah prodi Ilmu Komunikasi di wilayah Solo Raya menjadikan Ilmu Komunikasi Usahid harus terus berbenah & siap berkompetisi.
VISI, MISI DAN TUJUAN
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
VISI
Pada tahun 2027 menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang unggul dengan menyelenggarakan pendidikan secara profesional, berbudaya, dan berjiwa kewirausahaan.
- Profesional
bermakna bermakna memiliki kompetensi dan daya saing yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan fungsi dibidangnya serta berpegang teguh pada kode etik profesi.
- Berbudaya
bermakna bermakna membentuk karakter yang kuat dalam penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi dengan mengacu pada perkembangan IPTEKS.
- Berjiwa kewirausahaan
bermakna bermakna memiliki jiwa kemandirian dalam setiap upaya berfikir, bersikap, dan berkarya sesuai dengan ciri khas Yayasan Sahid Jaya.
MISI
Misi Program Studi S1 Ilmu Komunikasi adalah :
-
Menyelenggarakan proses pendidikan dengan menciptakan iklim akademik yang kondusif dalam rangka menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang profesional, berbudaya dan berjiwa kewirausahaan.
-
Melakukan riset yang mendukung road map riset Universitas yang berjiwa kewirausahaan dalam rangka pengembangan IPTEKS.
-
Menyelenggarakan pengabdian masyarakat melalui wilayah binaan dengan ciri kewirausahaan sesuai dengan bidang keilmuan.
TUJUAN
Tujuan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi adalah :
-
Menghasilkan lulusan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi yang profesional di bidang keilmuannya dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
-
Menghasilkan penelitian yang bermanfaat dan sesuai dengan road map riset Universitas yang berjiwa kewirausahaan dalam rangka pengembangan IPTEKS.
-
Menghasilkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang sesuai dengan ciri kewirausahaan sesuai dengan bidang keilmuan.
PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA
Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki peluang kerja yang terbuka luas meliputi semua sektor dan bidang; pada Lembaga Pemerintahan atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Perusahaan Swasta bahkan berwirausaha seperti Public Relations Consultant, Event Organizer, Event Management, Advertising Agent atau mampu menghasilkan Income bidang Jurnalistik seperti Citizen Journalism, Reporter Freelance, dll.
1. Konsentrasi Hubungan Masyarakat (Public Relations)
Profesi yang menjadi peluang bagi lulusan ini diantaranya; Pranata Humas Pemerintah, Humas BUMN, Humas Korporasi, Public Relations Officer, Corporate Communication, Marketing Communication, Event Organizer, Advertising Practise, Customer Relations, Communication Technician, Public Speaker, Master of Ceremony (MC), Writer PR, Intertainer, Public Figure, Data Analysis, Communication Manajer, Artist, Model, Pengusaha, Negosiator, Customer Service/Call Center, E-Public Relation, dll
2. Konsentrasi Jurnalistik
Profesi yang menjadi peluang bagi lulusan ini diantaranya; Jurnalis, Wartawan, Reporter, Presenter/News Announcer, Fotografer, Penyiar Radio, Video Blogger, Citizen Journalism, Broadcaster, Social Media Specialist, Script Writer, Media Consultant, Desainer Grafis, Editor dan Redaktur, Cameraman, Pimpinan Redaksi, dll.