Farmasi

Ulasan singkat program

Program  Studi  Farmasi  merupakan  salah  satu  Program Studi  di  Fakultas  Sains,  Teknologi  dan  Kesehatan  Universitas  Sahid Surakarta. Program studi Farmasi Fakultas Sains Teknologi dan Kesehatan menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan dan kompeten di bidang farmasi klinik komunitas dan bahan alam.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul  di bidang farmasi klinik komunitas dan bahan alam  serta berjiwa kewirausahaan di tingkat nasional pada tahun 2022

Misi

  1. Menyelenggarakan pengelolaan  pendidikan  tinggi  farmasi  yang  memenuhi  standar kualitas pendidikan nasional dan berjiwa kewirausahaan.
  2. Mengembangkan penelitian yang berorientasi dalam bidang pelayanan kefarmasian dan  bahan obat alam yang disesuaikan dengan perkembangan IPTEK.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang farmasi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK.

 

Dosen

Kaprodi: apt. Khotimatul Khusna, S.Farm., M.Sc.
Kalab: Fadilah Qonitah, S.Pd., M.Sc.

Dosen
apt. Ahwan, S.Farm., M.Sc.
apt. Reni Ariastuti, S.Farm., M.Sc.
apt. Risma Sakti Pambudi, S.Farm., M.Sc.
apt. Rita Septiana, S.Farm., M.Sc.

 

Kompetensi

  1. Kemampuan menguasai IPTEK kefarmasian.
  2. Kemampuan mengidentifikasi, memanfaatkan, dan menganalisis obat bahan alam.
  3. Kemampuan melakukan  penjaminan  mutu  sediaan  farmasi  berdasarkan  ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian.
  4. Kemampuan mengelola  pekerjaan  kefarmasian  secara  bertanggungjawab  sesuai peraturan perundang-undangan dan kode etik yang berlaku.
  5. Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama.
  6. Kemampuan dalam menerapkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan.
  7. Kemampuan mengambil keputusan  yang  tepat  berdasarkan  analisis  informasi  dan data.
  8. Kemampuan melakukan pengembangan produk obat bahan alam.
  9. Kemampuan melakukan  pekerjaan  kefarmasian  meliputi  pembuatan,  pengendalian mutu, pengadaan,  penyimpanan, pendistribusian, dan pelayanan secara bertanggung jawab sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan kode etik yang berlaku.
  10. Kemampuan melakukan  komunikasi  dan  kolaborasi  dengan  berbagai  pihak  dalam pengelolaan sediaan farmasi dan alat kesehatan
  11. Kemampuan melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah.
  12. Kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berwirausaha.

 

Prospek Karier

  1. Bidang Farmasi industri, diantaranya adalah
  • Research dan development bertugas menentukan formula, tekhnik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan baku yang digunakan. Pengembangan produk yang dilakukan mulai dari skala laboratorium, skala pilot hingga skala produksi.
  • Quality control, secara umum mencakup monitoring, uji-tes, dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi produk tersebut. Memastikan bahwa standar kualitas perusahaan terpenuhi oleh komponen dari produk yang disediakan oleh perusahaan.
  • Quality assurance, yaitu bertugas dan bertanggung jawab terkait peran jaminan kualitas.
  1. Bidang Farmasi Komunitas, seorang sarjana farmasi memiliki kesempatan bekerja di apotek, klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan Rumah Sakit.
  2. Dunia Pendidikan, sebagai guru atau dosen dalam bidang farmasi. Biasanya untuk menjadi tenaga pendidik di bidang farmasi khususnya, Anda diharuskan menyelesaikan kuliah sampai jenjang S2 Jurusan Farmasi.
  3. Bidang penelitian, Prospek kerja Jurusan Farmasi di bidang penelitian cocok bagi anda yang lebih berminat untuk menemukan sesuatu yang baru, atau menciptakan inovasi baru. Anda dapat menjadi seorang peneliti seputar obat-obatan.
  4. Lembaga pemerintahan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, atau disingkat BPOM merupakan salah satu lembaga resmi pemerintah dalam urusan pelegalan obat dan makanan. Hal ini menjadi prospek kerja Jurusan Farmasi bagi anda yang minat bekerja dalam naungan pemerintah.
  5. Pedagang besar farmasi, PBF juga menjadi salah satu prospek kerja Jurusan Farmasi, karena sesuai namanya yaitu Perusahaan Besar Farmasi. Akan diperlukan seorang yang faham, dan ahli dalam bidang farmasi.

7 Alasan Kuliah di Usahid Surakarta

Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S. Gitosardjono di bawah Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya. Usahid Surakarta berdiri pada tahun 2002 dengan ijin Menteri Pendidikan No : 084/D/0/2002 tanggal 22 Agustus 2002. Mengapa memilih kuliah di Usahid Surakarta?

Usahid Surakarta memiliki 9 Program studi program sarjana dan 1 program profesi yang lulusannya sangat dibutuhkan di dunia kerja, yaitu: (1) Keperawatan, (2) Program Pendidikan Profesi Ners, (3) Farmasi, (4) Informatika, (5) Teknik Industri, (6) Psikologi, (7) Ilmu Komunikasi, (8) Administrasi Bisnis, (9) Desain Komunikasi Visual, dan (10) Desain Interior. Dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk menempuh kuliah sesuai dengan bidang ilmu yang dipadukan dengan karir yang akan ditekuni ketika lulus nanti.

Kampus Usahid Surakarta terletak di Jalan protokol di Kota Surakarta. Hanya berjarak 7,9 km dari Bandara Adisumarmo dengan waktu tempuh hanya 16 menit, 4,5 km dari Stasiun Balapan dengan waktu tempuh 12 menit, 4,8 km dari Stasiun Purwosari dengan waktu tempuh 12 menit, 4,5 km dari Terminal Tirtonadi dengan waktu tempuh 10 menit. Jalur trasportasi kota sangat mudah ditemukan. Kampus Usahid Surakarta dilalui jalur Trans-Solo, sehingga mudah dijangkau dengan angkutan umum dari kota manapun. Kampus Usahid Surakarta juga dekat dengan pusat perbelanjaan, pasar, dan sarana olahraga. 

Kenyamanan lingkungan kuliah sangat menunjang keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Kampus Usahid Surakarta memiliki kampus 4 lantai dengan lingkungan yang rindang dan sejuk, sehingga mendukung kenyamanan suasana belajar dan diskusi menyatu dengan alam terbuka. Lapangan yang luas dengan tumbuhan yang tinggi dan rindang menambah suasana kampus yang anggun dan alami.

Seluruh program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-PT Kes. Sebanyak 90% program studi yang dikelola telah terakreditasi B. Pengelolaan penjaminan mutu Usahid Surakarta dengan serius mengawal kualitas program studi agar selalu meningkat sejalan dengan perkembangan zaman.

Biaya kuliah merupakan salah satu pertimbangan yang sangat vital bagi para calon mahasiswa. Biaya kuliah di Usahid Surakarta sangat terjangkau, namun mahasiswa mendapatkan vasilitas yang memadahi. Sistem pembayarannya sangat fleksibel, sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Masyarakat di sekitar kampus merupakan lingkungan yang menyediakan fasiltas kost-kost-an, sehingga mahasiswa dari luar kota dan luar Jawa dapat dengan mudah mendapatkan tempat kost yang dekat dengan kampus yang sangat terjangkau dengan hanya berjalan kaki. Masyarakat Solo sangat peduli dengan keamanan dan kenyamanan lingkungan, sehingga kost-kost-an aman dari gangguan keamanan maupun gangguan sosial. Masyarakat kota Solo yang ramah dan bersahabat sangat mendukung kehidupan sosial yang nyaman untuk tinggal selama masa kuliah. Biaya sewa kamar kost-kost-an sangat terjangkau berkisar Rp 300.000,- hingga Rp 600.000,- per bulan.

Selain biaya kuliah tentu para orangtua juga sangat mempertimbangkan biaya hidup sehari-hari, terutama kebutuhan makan. Warung makan di sekitar kampus dan di dalam kampus menyediakan berbagai menu masakan yang enak, namun dengan harga yang sangat murah. Mahasiswa dapat makan dengan harga berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- sekali makan. Pakaian sehari-hari dapat diperoleh dengan mudah dan murah yang dapat dibeli dari pasar tradisional maupun pasar swalayan/mall dengan harga yang sangat terjangkau.

Related Downloads

Kontak Admisi