Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desainer DKV itu membua karya kreatif yang solutif untuk permasalahan komunikasi melalui bahasa visual demi kebaikan masyarakat.

Deskripsi

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Sahid Surakarta berbasis keilmuan seni, desain, komunikasi, bisnis dan teknologi, serta ilmu pendukungnya lainnya, prodi S1 DKV menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana DKV yang mumpuni dalam penguasaan teknologi informasi, kearifan lokal (budaya Nusantara) dan mampu mengembangkan diri menjadi entrepreneur dibidang desain dan industri kreatif (Creativepreneur).

Visi DKV

Visi Program Studi S1 DKV Universitas Sahid Surakarta mewujudkan Program Studi S1 DKV unggul, berkarakter berbasis ICT dan Kearifan Lokal, dan pusat pengembangan Creativepreneur yang diakui masyarakat nasional.

Misi DKV

Misi Program Studi S1 DKV Universitas Sahid Surakarta:
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi memadai di bidang desain komunikasi visual yang menguasai ICT dan berjiwa Creativepreneur
2. Menyelenggarakan penelitian khususnya di bidang desain komunikasi visual yang berkerja sama dengan industri, akademisi, swasta dan pemerintah untuk mengembangkan disiplin perancangan desain dan menghasilkan karya yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi kreatif nasional.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat guna memberikan pemahaman serta apresiasi tentang desain melalui implementasi Creativepreneur yang menguasai ICT yang mendukung peningkatan pelayanan, kesejahteraan kehidupan dan pemberdayaan masyarakat.

Peluang Kerja DKV

  • Agensi periklanan
  • Konsultan branding
  • Perusahaan penerbitan
  • Pengembang website
  • Humas diberbagai perusahaan dan instansi pemerintahan
  • Desainer produk komersil dan industri
  • Kurator seni
  • Sutradara
  • Editor film dan video
  • Animator
  • Desainer lepas (freelance designer) yang dapat memasarkan karyanya kemana saja

Dokumen DKV

  1. Panduan Penulisan Proposal TA Kekaryaan/Skripsi
  2. Panduan Penulisan TA Kekaryaan
  3. Panduan Penulisan Skripsi
  4. Panduan Penulisan Laporan PKL
  5. Template Jurnal Kemadha

Galeri DKV

  1. Kegiatan Perkuliahaan
  2. Kegiatan Mahasiswa
  3. Kegiatan HIMA DKV Usahid Surakarta

 

7 Alasan Kuliah di Usahid Surakarta

Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S. Gitosardjono di bawah Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya. Usahid Surakarta berdiri pada tahun 2002 dengan ijin Menteri Pendidikan No : 084/D/0/2002 tanggal 22 Agustus 2002. Mengapa memilih kuliah di Usahid Surakarta?

Usahid Surakarta memiliki 9 Program studi program sarjana dan 1 program profesi yang lulusannya sangat dibutuhkan di dunia kerja, yaitu: (1) Keperawatan, (2) Program Pendidikan Profesi Ners, (3) Farmasi, (4) Informatika, (5) Teknik Industri, (6) Psikologi, (7) Ilmu Komunikasi, (8) Administrasi Bisnis, (9) Desain Komunikasi Visual, dan (10) Desain Interior. Dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk menempuh kuliah sesuai dengan bidang ilmu yang dipadukan dengan karir yang akan ditekuni ketika lulus nanti.

Kampus Usahid Surakarta terletak di Jalan protokol di Kota Surakarta. Hanya berjarak 7,9 km dari Bandara Adisumarmo dengan waktu tempuh hanya 16 menit, 4,5 km dari Stasiun Balapan dengan waktu tempuh 12 menit, 4,8 km dari Stasiun Purwosari dengan waktu tempuh 12 menit, 4,5 km dari Terminal Tirtonadi dengan waktu tempuh 10 menit. Jalur trasportasi kota sangat mudah ditemukan. Kampus Usahid Surakarta dilalui jalur Trans-Solo, sehingga mudah dijangkau dengan angkutan umum dari kota manapun. Kampus Usahid Surakarta juga dekat dengan pusat perbelanjaan, pasar, dan sarana olahraga. 

Kenyamanan lingkungan kuliah sangat menunjang keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Kampus Usahid Surakarta memiliki kampus 4 lantai dengan lingkungan yang rindang dan sejuk, sehingga mendukung kenyamanan suasana belajar dan diskusi menyatu dengan alam terbuka. Lapangan yang luas dengan tumbuhan yang tinggi dan rindang menambah suasana kampus yang anggun dan alami.

Seluruh program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-PT Kes. Sebanyak 90% program studi yang dikelola telah terakreditasi B. Pengelolaan penjaminan mutu Usahid Surakarta dengan serius mengawal kualitas program studi agar selalu meningkat sejalan dengan perkembangan zaman.

Biaya kuliah merupakan salah satu pertimbangan yang sangat vital bagi para calon mahasiswa. Biaya kuliah di Usahid Surakarta sangat terjangkau, namun mahasiswa mendapatkan vasilitas yang memadahi. Sistem pembayarannya sangat fleksibel, sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Masyarakat di sekitar kampus merupakan lingkungan yang menyediakan fasiltas kost-kost-an, sehingga mahasiswa dari luar kota dan luar Jawa dapat dengan mudah mendapatkan tempat kost yang dekat dengan kampus yang sangat terjangkau dengan hanya berjalan kaki. Masyarakat Solo sangat peduli dengan keamanan dan kenyamanan lingkungan, sehingga kost-kost-an aman dari gangguan keamanan maupun gangguan sosial. Masyarakat kota Solo yang ramah dan bersahabat sangat mendukung kehidupan sosial yang nyaman untuk tinggal selama masa kuliah. Biaya sewa kamar kost-kost-an sangat terjangkau berkisar Rp 300.000,- hingga Rp 600.000,- per bulan.

Selain biaya kuliah tentu para orangtua juga sangat mempertimbangkan biaya hidup sehari-hari, terutama kebutuhan makan. Warung makan di sekitar kampus dan di dalam kampus menyediakan berbagai menu masakan yang enak, namun dengan harga yang sangat murah. Mahasiswa dapat makan dengan harga berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- sekali makan. Pakaian sehari-hari dapat diperoleh dengan mudah dan murah yang dapat dibeli dari pasar tradisional maupun pasar swalayan/mall dengan harga yang sangat terjangkau.

Related Downloads

Kontak Admisi