Desain Interior

ULASAN SINGKAT

Program Studi Desain Interior adalah salah satu Program Studi yang didasarkan pada ilmu desain yaitu merancang, menciptakan dan membuat sesuatu yang baru, prodi Desain Interior Usahid, mendukung seluruh mahasiswanya untuk dapat menggali potensi, meningkatkan kreatifitas dan menemukan inovasi, sehingga kualitas alumni yang dihasilkan dapat bersaing didunia kerja. Prodi desain interior Usahid mengarahkan mahasiswa/i menjadi calon desainer interior yang dapat berwirausaha mandiri yang siap terjun di masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja dan melayani berbagai jasa perancangan dengan bermacam type proyek yang selalu berkembang khususnya dibidang pariwisata dengan mengedepankan pada budaya lokal.

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi Pengembang IPTekS bidang Desain Interior yang berjiwa kewirausahaan di tingkat nasional

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan di bidang Desain Interior.
  2. Meningkatkan kualitas dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan IPTekS di bidang Desain Interior
  3. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta guna mendukung tridarma Perguruan Tinggi Prodi Desain Interior
  4. Meningkatkan softskill mahasiswa di bidang desain interior yang berbasis IPTekS

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional di bidang Desain Interior, sehingga mampu bersaing di dunia kerja
  2. Menghasilkan kekaryaan atau penelitian yang berkualitas di bidang Desain Interior.
  3. Memperluas dan meningkatkan kualitas kerjasama dengan pihak eksternal yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan Desain Interior
  4. Memberikan bekal ketrampilan Leadership sesuai dengan perkembangan IPTekS

KOMPETENSI

Kompetensi lulusan yang dihasilkan berdasarkan kurikulum yang ditawarkan pada prodi desain interior :
Kompetensi Profesional :

  • Memahami kebutuhan manusia pengguna ruang serta respon mereka terhadap lingkungan.
  • Memahami dan mengaplikasikan etika profesi.
  • Memahami desain interior berkelanjutan (sustainability of interior design).
  • Memiliki pola berpikir dengan perspektif global dan pemahaman bahwa desain merupakan upaya pemecahan masalah.
  • Memiliki kemampuan beradaptasi, berfikir analitis, kreatif dan strategis.
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis, active listening skill serta daya interpretasi yang efektif.
  • Kompetensi Dasar Desain.
  • Memahami teori-teori desain, unsur-unsur dan prinsip desain, green design, sejarah desain serta human factors.

Kompetensi Perancangan Interior :

  • Memahami teori-teori dan aplikasi perancangan interior.
  • Memiliki kemampuan menyusun program dalam perancangan interior.
  • Mampu merancang ruang dengan cara berfikir kritis, analitis, kreatif dan strategis.
  • Mampu menyusun konsep desain interior, mengusulkan desain skematik secara cepat.
  • Mampu mengaplikasikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip 2 dimensional dalam proyek desain.
  • Mampu mengaplikasikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip 3 dimensional dalam penggubahan ruang (spatial envelope).
  • Mampu melakukan tinjauan (review) dan justifikasi atas solusi desain yang diusulkan.
  • Mampu membuat dokumen-dokumen desain dalam standard profesional.

Kompetensi komunikasi :

  • Memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan desain dengan efektif baik secara oral, tekstual maupun visual.
  • Memiliki kemampuan dalam mengekspresikan ide serta menyampaikan kritik.
  • Mampu melakukan komunikasi antar personal dilingkungan serta berkompetisi dalam pasar global.

Kompetensi Bisnis :

  • Memiliki kemampuan dasar mengenai bisnis dan praktek berprofesi.

PROSPEK KARIR

  1. Berwirausaha mandiri/Pengusaha dibidang desain interior.
  2. Sebagai Desainer baik itu di konsultan/kontraktor bidang interior, furniture, dan handycraf .
  3. Sebagai Desainer stand pameran/exhibition.
  4. Sebagai Visual Merchandising Store.
  5. Marketing Designer di perusahaan properti
  6. Penulis Buku/Wartawan dan Peneliti di bidang desain interior.
  7. Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada bidang/departemen/kementrian yang membutuhkan (misalnya Kementrian Perindustrian, Kementrian Pariwisata, Kementrian Perdagangan, Kementrian Pekerjaan Umum, atau Kementrian Sekretariat Negara, Badan Ekonomi Kreatif)
  8. Sebagai staf pengajar/dosen desain interior dengan menempuh pendidikan tambahan S2 Desain/Seni jika ingin menjadi dosen.

7 Alasan Kuliah di Usahid Surakarta

Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S. Gitosardjono di bawah Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya. Usahid Surakarta berdiri pada tahun 2002 dengan ijin Menteri Pendidikan No : 084/D/0/2002 tanggal 22 Agustus 2002. Mengapa memilih kuliah di Usahid Surakarta?

Usahid Surakarta memiliki 9 Program studi program sarjana dan 1 program profesi yang lulusannya sangat dibutuhkan di dunia kerja, yaitu: (1) Keperawatan, (2) Program Pendidikan Profesi Ners, (3) Farmasi, (4) Informatika, (5) Teknik Industri, (6) Psikologi, (7) Ilmu Komunikasi, (8) Administrasi Bisnis, (9) Desain Komunikasi Visual, dan (10) Desain Interior. Dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk menempuh kuliah sesuai dengan bidang ilmu yang dipadukan dengan karir yang akan ditekuni ketika lulus nanti.

Kampus Usahid Surakarta terletak di Jalan protokol di Kota Surakarta. Hanya berjarak 7,9 km dari Bandara Adisumarmo dengan waktu tempuh hanya 16 menit, 4,5 km dari Stasiun Balapan dengan waktu tempuh 12 menit, 4,8 km dari Stasiun Purwosari dengan waktu tempuh 12 menit, 4,5 km dari Terminal Tirtonadi dengan waktu tempuh 10 menit. Jalur trasportasi kota sangat mudah ditemukan. Kampus Usahid Surakarta dilalui jalur Trans-Solo, sehingga mudah dijangkau dengan angkutan umum dari kota manapun. Kampus Usahid Surakarta juga dekat dengan pusat perbelanjaan, pasar, dan sarana olahraga. 

Kenyamanan lingkungan kuliah sangat menunjang keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Kampus Usahid Surakarta memiliki kampus 4 lantai dengan lingkungan yang rindang dan sejuk, sehingga mendukung kenyamanan suasana belajar dan diskusi menyatu dengan alam terbuka. Lapangan yang luas dengan tumbuhan yang tinggi dan rindang menambah suasana kampus yang anggun dan alami.

Seluruh program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-PT Kes. Sebanyak 90% program studi yang dikelola telah terakreditasi B. Pengelolaan penjaminan mutu Usahid Surakarta dengan serius mengawal kualitas program studi agar selalu meningkat sejalan dengan perkembangan zaman.

Biaya kuliah merupakan salah satu pertimbangan yang sangat vital bagi para calon mahasiswa. Biaya kuliah di Usahid Surakarta sangat terjangkau, namun mahasiswa mendapatkan vasilitas yang memadahi. Sistem pembayarannya sangat fleksibel, sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Masyarakat di sekitar kampus merupakan lingkungan yang menyediakan fasiltas kost-kost-an, sehingga mahasiswa dari luar kota dan luar Jawa dapat dengan mudah mendapatkan tempat kost yang dekat dengan kampus yang sangat terjangkau dengan hanya berjalan kaki. Masyarakat Solo sangat peduli dengan keamanan dan kenyamanan lingkungan, sehingga kost-kost-an aman dari gangguan keamanan maupun gangguan sosial. Masyarakat kota Solo yang ramah dan bersahabat sangat mendukung kehidupan sosial yang nyaman untuk tinggal selama masa kuliah. Biaya sewa kamar kost-kost-an sangat terjangkau berkisar Rp 300.000,- hingga Rp 600.000,- per bulan.

Selain biaya kuliah tentu para orangtua juga sangat mempertimbangkan biaya hidup sehari-hari, terutama kebutuhan makan. Warung makan di sekitar kampus dan di dalam kampus menyediakan berbagai menu masakan yang enak, namun dengan harga yang sangat murah. Mahasiswa dapat makan dengan harga berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- sekali makan. Pakaian sehari-hari dapat diperoleh dengan mudah dan murah yang dapat dibeli dari pasar tradisional maupun pasar swalayan/mall dengan harga yang sangat terjangkau.

Related Downloads

Kontak Admisi