Administrasi Bisnis

DESKRIPSI PRODI

Program Studi S1 Administrasi Bisnis (Prodi AB) merupakan program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni (FSHS) Universitas Sahid Surakarta. Program Studi Administrasi Bisnis didirikan pada tanggal 22 Agustus 2002. Program Studi Administrasi Bisnis mencetak para lulusan ahli di bidang bisnis (entrepreneur perintis dan pemilik usaha) serta profesional (peneliti, pendidik maupun konsultan bisnis). Fokus pembelajaran yang berkualitas dibekali dengan kurikulum dan bahan ajar yang diselaraskan dengan kebutuhan industri yang meliputi tiga domain pembelajaran :

  1. Ketatapamongan (Governance)
  2. Inisiasi Bisnis Baru (Start-up Business)
  3. Pengelolaan Organisasi Bisnis (Managing Business)

 

VISI, MISI, DAN TUJUAN 

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS


 

VISI

Menjadi Program studi Administrasi Bisnis yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Administrasi Bisnis dengan menyelenggarakan pendidikan akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berjiwa kewirausahaan di tingkat Nasional.

 

MISI

Misi program studi Administrasi Bisnis adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang administrasi bisnis dengan kurikulum yang berbasis kompetensi dengan fokus pada pengembangan Kewirausahaan, Sumber Daya Manusia, dan Pemasaran.
  2. Menumbuhkembangkan kemampuan meneliti bagi dosen dan mahasiswa di bidang Administrasi Bisnis yang berjiwa kewirausahaan dalam rangka pengembangan IPTEKS.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengamalan IPTEKS yang ditujukan langsung kepada masyarakat.
  4. Memperluas jaringan kerjasama kemitraan di bidang Administrasi Bisnis dengan institusi lain.

 

TUJUAN

Tujuan program studi Administrasi Bisnis adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan berjiwa kewirausahaan di bidang Administrasi Bisnis sesuai dengan kompetensi.
  2. Menghasilan penelitian dan publikasi ilmiah bidang Administrasi Bisnis yang berkualitas bagi pengembangan IPTEKS dan enterpreneurship.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada mayarakat secara berkesinambungan dalam bidang Administrasi Bisnis untuk kebermanfaatan lebih luas.
  4. Meningkatkan jaringan kerjasama yang luas pada dunia usaha, dunia industri, UMKM dan Pemerintah.

 

PROGRAM STUDI

ADMINISTRASI BISNIS


 

Kompetensi

Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan rumusan kompetensi lulusan program studi Administrasi Bisnis yang telah disusun dengan memperhatikan profil lulusan, Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk CP Sikap dan CP Keterampilan Umum.  Adapun untuk CP Pengetahuan dan CP Keterampilan Khusus dirumuskan oleh program studi dan dikaji bersama Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis (AIABI) yang meliputi tiga domain keterampilan khusus :

  1. Ketatapamongan (Governance)
  2. Inisiasi Bisnis Baru (Start-up Business)
  3. Pengelolaan Organisasi Bisnis (Managing Business)

 

Adapun CP lulusan program studi Administrasi Bisnis adalah sebagai berikut :

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang ain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

 

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk hasil tugas akhir, penelitian dan pengabdian masyarakat atau karya desain/seni.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Menguasai aplikasi software, teknologi pembelajaran, agar dapat berperan sebagai akademisi dan profesional dalam memecahkan masalah.

 

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis secara mendalam terkait dengan teori administrasi, corporate governance, dan pengambilan keputusan.
  2. Menguasai konsep teoritis secara umum terkait dengan teori-teori : kewirausahaan, inovasi sebagai bagian dari teori kreasi pengetahuan (knowledge creation), motivasi (motivation theory), perubahan (sosial dan manajemen) khususnya perilaku sosial dalam kewirausahaan, lintas budaya dalam organisasi bisnis, fungsi-fungsi bisnis dan teori pemangku kepentingan.
  3. Menguasi konsep umum teori ekonomi, sistem politik dan teori ekonomi politik.
  4. Menguasai pengetahuan faktual dan terkini tentang hukum bisnis dan etika bisnis
  5. Menguasai metodologi manajemen perubahan, metode analisis kinerja organisasi bisnis, dan metode penelitian sosial.
  6. Menguasai prinsip dan teknik komunikasi persuasif lintas organisasi dan lintas budaya di bidang bisnis.

 

Keterampilan Khusus

Pada domain ketatapamongan (governance), lulusan Sarjana Administrasi Bisnis memiliki kemampuan :

  1. Mengevaluasi implikasi suatu kebijakan, keputusan, maupun strategi dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis yang dituangkan dalam format evaluasi terstandar yang minimum mencakup informasi tentang metodologi evaluasi, temuan evaluasi, kesimpulan dan rekomendasi.
  2. Mengidentifikasi, menganalisis, permasalahan bisnis terstruktur (structured business) dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dn merumuskan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Mengidentifikasi, menganalisis praktek “tanggung jawab sosial dari sebuah organisasi bisnis” (corporate social responsibility) terkait dengan etika dan pemanfaatannya, dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dan merumuskan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

Pada domain inisiasi sebuah bisnis baru (start up business), lulusan Sarjana Administrasi Bisnis memiliki kemampuan :

  1. Mengkreasi dan mengelola inovasi, pendirian entitas bisnis baru dengan potensi pertumbuhan yang tinggi berbasis pada potensi dan kearifan lokal.
  2. Mengidentifikasi, mengevaluasi beragam risiko dan peluang menjalankan bisnis dalam konteks lingkungan global dan mengusulkan alternatif solusi yang dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan dampak teknologi terhadap bisnis konvensional dan bisnis era digital (e-commerce) secara bertanggung jawab.
  4. Mengkaji interelasi antar beragam model bisnis dengan aspek lingkungan alam dan sosial setempat.

 

Pada domain pengelolaan sebuah organisasi bisnis baru (start up business) atau bisnis berukuran kecil hingga menengah, lulusan Sarjana Administrasi Bisnis memiliki kemampuan :

  1. Memformulasikan dan mengimplementasikan strategi bisnis konvensional yang bersifat fungsional.
  2. Menggunakan keterampilan hubungan antar pribadi, respek dan empati, dan mengimplementasikan teori kelompok untuk menyampaikan dan mempersuasi penyelesaian konflik antar pribadi, kelompok dan sosial dalam organisasi.
  3. Bekerja dalam tim bisnis secara efisien dan efektif dengan latar belakang sosial dan akar budaya bisnis yang beragam.

 

Prospek karir

Lulusan Sarjana Administrasi Bisnis akan berprofesi sebagai :

1. Business Entrepreneur

Bidang karir ini dapat ditekuni oleh lulusan yang ingin membangun usaha sendiri sehingga mampu memberi kontribusi dalam penciptaan lapangan kerja, baik di bidang manufaktur maupun bidang jasa.

Bidang Pekerjaan : Owner/Pemilik Bisnis, Konsultan Bisnis

2. Government Entrepreneur

Bidang ini tersedia bagi lulusan yang ingin membangun karir dalam birokrasi (lembaga sektor publik).

Bidang pekerjaan : instansi Pemerintahan, BUMN, BUMD, lembaga keuangan (perbankan, OJK, dll), dan lembaga non keuangan (leasing, asuransi, dsb) kependidikan (staf).

3. Academic Entrepreneur

Bidang ini bisa dipilih bagi lulusan yang ingin membangun karir sebagai akademisi.

Bidang pekerjaan : tenaga pengajar/pendidik, dan tenaga kependidikan (staf).

4. Social Entrepreneur

Bidang ini tersedia bagi lulusan yang ingin berkarir untuk membangun dan mengembangkan organisasi non bisnis.

Bidang pekerjaan : LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)

 

DOKUMENTASI KEGIATAN MAHASISWA

  1. Kegiatan Bagi Takjil  Lihat
  2. Kegiatan Bakti Sosial Lihat
  3. Kegiatan Buka Bersama Lihat
  4. Kegiatan PKKMB Lihat
  5. Kegiatan Seminar BEI Lihat
  6. Kegiatan Study Ekskursi Lihat
  7. Kegiatan Togethernerss Lihat

 

7 Alasan Kuliah di Usahid Surakarta

Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Bapak Prof. Dr. H. Sukamdani S. Gitosardjono di bawah Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya. Usahid Surakarta berdiri pada tahun 2002 dengan ijin Menteri Pendidikan No : 084/D/0/2002 tanggal 22 Agustus 2002. Mengapa memilih kuliah di Usahid Surakarta?

Usahid Surakarta memiliki 9 Program studi program sarjana dan 1 program profesi yang lulusannya sangat dibutuhkan di dunia kerja, yaitu: (1) Keperawatan, (2) Program Pendidikan Profesi Ners, (3) Farmasi, (4) Informatika, (5) Teknik Industri, (6) Psikologi, (7) Ilmu Komunikasi, (8) Administrasi Bisnis, (9) Desain Komunikasi Visual, dan (10) Desain Interior. Dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk menempuh kuliah sesuai dengan bidang ilmu yang dipadukan dengan karir yang akan ditekuni ketika lulus nanti.

Kampus Usahid Surakarta terletak di Jalan protokol di Kota Surakarta. Hanya berjarak 7,9 km dari Bandara Adisumarmo dengan waktu tempuh hanya 16 menit, 4,5 km dari Stasiun Balapan dengan waktu tempuh 12 menit, 4,8 km dari Stasiun Purwosari dengan waktu tempuh 12 menit, 4,5 km dari Terminal Tirtonadi dengan waktu tempuh 10 menit. Jalur trasportasi kota sangat mudah ditemukan. Kampus Usahid Surakarta dilalui jalur Trans-Solo, sehingga mudah dijangkau dengan angkutan umum dari kota manapun. Kampus Usahid Surakarta juga dekat dengan pusat perbelanjaan, pasar, dan sarana olahraga. 

Kenyamanan lingkungan kuliah sangat menunjang keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Kampus Usahid Surakarta memiliki kampus 4 lantai dengan lingkungan yang rindang dan sejuk, sehingga mendukung kenyamanan suasana belajar dan diskusi menyatu dengan alam terbuka. Lapangan yang luas dengan tumbuhan yang tinggi dan rindang menambah suasana kampus yang anggun dan alami.

Seluruh program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-PT Kes. Sebanyak 90% program studi yang dikelola telah terakreditasi B. Pengelolaan penjaminan mutu Usahid Surakarta dengan serius mengawal kualitas program studi agar selalu meningkat sejalan dengan perkembangan zaman.

Biaya kuliah merupakan salah satu pertimbangan yang sangat vital bagi para calon mahasiswa. Biaya kuliah di Usahid Surakarta sangat terjangkau, namun mahasiswa mendapatkan vasilitas yang memadahi. Sistem pembayarannya sangat fleksibel, sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Masyarakat di sekitar kampus merupakan lingkungan yang menyediakan fasiltas kost-kost-an, sehingga mahasiswa dari luar kota dan luar Jawa dapat dengan mudah mendapatkan tempat kost yang dekat dengan kampus yang sangat terjangkau dengan hanya berjalan kaki. Masyarakat Solo sangat peduli dengan keamanan dan kenyamanan lingkungan, sehingga kost-kost-an aman dari gangguan keamanan maupun gangguan sosial. Masyarakat kota Solo yang ramah dan bersahabat sangat mendukung kehidupan sosial yang nyaman untuk tinggal selama masa kuliah. Biaya sewa kamar kost-kost-an sangat terjangkau berkisar Rp 300.000,- hingga Rp 600.000,- per bulan.

Selain biaya kuliah tentu para orangtua juga sangat mempertimbangkan biaya hidup sehari-hari, terutama kebutuhan makan. Warung makan di sekitar kampus dan di dalam kampus menyediakan berbagai menu masakan yang enak, namun dengan harga yang sangat murah. Mahasiswa dapat makan dengan harga berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- sekali makan. Pakaian sehari-hari dapat diperoleh dengan mudah dan murah yang dapat dibeli dari pasar tradisional maupun pasar swalayan/mall dengan harga yang sangat terjangkau.

Related Downloads

Kontak Admisi