Unit

Tim Redaksi

Berita Terbaru

Perpustakaan

1. Sejarah
Universitas Sahid Surakarta didirikan dengan diterbitkannya SK pendirian Universitas Sahid Surakarta No. : 044/KPP-YSJ/Kpts/VIII/2001 tertanggal 30 Agustus 2001. Selaras dengan sejarah pendirian Usahid Surakarta, guna menunjang kegiatan akademis perpustakaan menjadi hal yang wajib dimiliki oleh sebuah Universitas seperti pada pasal 55 Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan tentang Pendidikan Tinggi, menyebutkan bahwa salah satu syarat untuk penyelenggaraan perguruan tinggi harus memiliki perpustakaan.

2. Visi dan Misi

Visi Perpustakaan Universitas Sahid Surakarta adalah mewujudkan Perpustakaan Universitas Sahid Surakarta sebagai pusat sumber informasi, ilmu pengetahuan dan budaya lokal dalam menunjang proses belajar mengajar di lingkungan Universitas Sahid Surakarta.

Misi Perpustakaan Universitas Sahid Surakarta adalah :

  1. Menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Universitas Sahid Surakarta.

  2. Memberikan layanan informasi kepada pemustaka dengan menerapkan sistem informasi perpustakaan yang berbasis teknologi informasi.

  3. Mengadakan pengolahan dan pengembangan informasi dari koleksi yang dimiliki dan menyajikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi dan sistem sebagai bagian integral proses belajar mengajar dalam lingkungan Universitas Sahid Surakarta.

  4. Menumbuhkan iklim akademis di sivitas Universitas Sahid Surakarta melalui pengembangan :
    > Budaya membaca
    > Kemampuan berdiskusi
    > Budaya menulis

  5. Memasyarakatkan budaya ilmiah di sivitas Universitas Sahid Surakarta melalui :
    > Publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian Dosen Universitas Sahid Surakarta.
    > Menumbuhkan atensi masyarakat kampus Universitas Sahid Surakarta terhadap peristiwa ilmiah dan pengkajian ilmiah.

3. Fungsi
Sebagai unit pelaksana teknis yang merupakan unsur penunjang sebagai kelengkapan bagi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, keberadaan perpustakaan cukup penting dalam mendukung kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi, dimana secara umum tugas perpustakaan perguruan tinggi adalah melakukan tugas rutin untuk mengadakan, mengolah dan merawat bahan pustaka serta mendayagunakan untuk kepentingan sivitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.