HomePenelitian & PublikasiStrategi Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia

Strategi Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia

Abstract

Perkembangan pariwisata yang pesat telah memunculkan kecenderungan baru pengembangan pariwisata halal. Namun, pengembangannya masih mengalami beberapa hambatan dan tantangan di berbagai daerah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan dan tantangan dalam pengembangan pariwisata halal di Indonesia serta mengajukan strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi hambatan dan tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi pustaka untuk pengumpulan datanya serta menggunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hambatan pengembangan pariwisata halal adalah (1) belum siapnya sumberdayamanusia dan kurangnya pemahaman secara mendalam dari pemangku kepentingan dan masyarakat mengenai konsep pengembangan pariwisata halal; (2) partisipasi masyarakat yang kurang; (3) kurangnya inovasi dalam program promosi; dan (4)penyediaan fasilitas belum memadai. Sementara itu, tantangannya adalah belum adanya regulasi tentang pengembangan pariwisata halal di Indonesia dan kurangnya sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia. Karenanya, diajukan strategipengembangannya melalui: (1) pembinaan dan pelatihan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat tentang wisata halal; (2) Branding halal; (3) pengadaan fasilitas yang sesuai konsep halal; (4) pengembangan pariwisata halal berdasarkan pada standarisasi Fatwa DSN-MUI NO:108/DSN-MUI/X/2016; dan (5) pengadaan sertifikasi produk halal.

 

Sumber : https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/SENRIABDI/article/view/866

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *