Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklan dan promosi terhadap tingkah laku mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Tingkah laku mahasiswa dalam mengikuti aktivitas belajar dipengaruhi oleh minatnya terhadap citra perguruan tinggi yang bersangkutan. Citra perguruan tinggi tidak terepas dari iklan dan promosi yang disampaikan kepada masyarakat. Dengan demikian, hipotesis peneliti adalah iklan dan promosi memberi pengaruh terhadap tingkah laku mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan skala psikografis dengan sub variabel iklan dan promosi serta skala tingkah laku pada 230 responden, yang merupakan mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara ikan dan promosi terhadap sikap tingkah laku mahasiswa Universitas Sahid Surakarta sebesar 20,1%. Hal ini ditunjukkan dengan nilai R Square 0,201.
Sumber : https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JATIV/article/view/747