HomeBeritaUNIVERSITAS SAHID SURAKARTA (Usahid) MENYIAPKAN GENERASI UNGGUL MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA (Usahid) MENYIAPKAN GENERASI UNGGUL MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Surakarta, 29 Januari 2024 – Universitas Sahid (Usahid) Surakarta dengan bangga mengumumkan capaian dalam program pendidikan Merdeka Kampus Merdeka (MKM) pada semester genap tahun akademik 2023/2024. Melalui program ini, Universitas Sahid Surakarta berhasil mencetak 33 mahasiswa unggulan yang terbagi dalam tiga program flagship, yaitu Program MSIB dengan 19 mahasiswa, Program pertukaran mahasiswa dengan 11 mahasiswa, dan Program Kampus Mengajar dengan 3 mahasiswa. Pencapaian ini menandai peningkatan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, mencerminkan kesuksesan pelaksanaan MBKM di lingkungan Universitas Sahid Surakarta. Jumlah pendaftar untuk program MBKM terus meningkat, menjadi indikator positif bagi keberlangsungan program ini di Universitas Sahid Surakarta.
Koordinator Program MBKM Usahid Surakarta, Yunita Primasanti, S.T., M.T, mengatakan MBKM memberikan berbagai keuntungan bagi mahasiswa, termasuk percepatan masa studi hingga maksimal 20 SKS dan pengalaman pembelajaran di luar kampus yang dapat mengasah kemampuan softskill mereka. Selain program flagship, Universitas Sahid Surakarta juga menghadirkan program MBKM Mandiri yang menjalin kerja sama dengan mitra universitas baik dari pemerintahan maupun dunia usaha dan industri. Program ini dibuka dua gelombang setiap tahun pada semester gasal dan genap, bertujuan untuk memacu mahasiswa mengikuti program MBKM sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar kerja dengan skill yang dibutuhkan.
Komitmen Universitas Sahid Surakarta dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di pasar kerja terus menjadi fokus utama. Dengan berbagai program MBKM yang ditawarkan, diharapkan dapat membentuk generasi unggul yang mampu menghadapi tantangan masa depan. Berkaitan dengan program MBKM, Universitas Sahid Surakarta pada tahun 2023 juga dinyatakan sebagai perguruan tinggi pelaksana terbaik institutional support system (ISS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) liga 3 oleh Diktiristek. Di tahun yang sama, Usahid Surakarta juga dinyatakan sebagai salah satu pemenang dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka, skim penguatan sistem pendukung institusi atau institutional support system (ISS-MBKM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *