HomeBeritaUniversitas Sahid Surakarta Menggelar Evaluasi Pendampingan Mahasiswa Disabilitas

Universitas Sahid Surakarta Menggelar Evaluasi Pendampingan Mahasiswa Disabilitas

Universitas Sahid Surakarta mengadakan pertemuan dengan mahasiswa disabilitas, wali mahasiswa, dan unit layanan disabilitas dalam rangka Evaluasi Terapi Okupa si pada Kamis, 22 Februari 2024.

Terapi Okupaksi yang dilakukan oleh Unit Layanan Disabilitas (ULD) Universitas Sahid Surakarta bertujuan untuk membantu mahasiswa difabel secara psikis, mental, dan kognitif agar para mahasiswa dapat menjalin aktivitas sehari-hari dengan rekan non difabel sebagai wujud inklusivitas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Keuangan, dan Pengembangan,  Destina Paningrum, SE., M.M; Wakil Rektor Bidang Akademik Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Erwin Kartinawati, S.Sos., M.I.Kom., dosen-dosen dari beberapa program studi yang memiliki mahasiswa difabel, serta perwakilan orang tua mahasiswa difabel. Betty Retnaningsih selaku okupasi terapis pada ULD Universitas Sahid Surakarta memaparkan permasalahan yang sering dijumpai pada mahasiswa disabilitas adalah kesulitan menerima penjelasan dalam kegiatan belajar mengajar dan sosialisasi dengan dosen serta rekan mahasiswa non-difabel. Momentum ini dimanfaatkan sebagai kesempatan bagi dosen, mahasiswa, dan orang tua untuk berbagi dan proses evaluasi Universitas Sahid Surakarta sebagai kampus yang inklusif.

Penerimaan mahasiswa difabel seperti tuli dan autisme telah dilakukan sejak 2014. Untuk mewujudkan komitmen sebagai kampus yang inklusif, Universitas Sahid Surakarta memberikan prioritas dalam pembimbingan terhadap mahasiswa disabilitas. Destina Paningrum.,S.E.,M.M mengatakan “Untuk menciptakan lingkungan kampus yang lebih inklusif kedepannya pihak universitas akan mengadakan pelatihan bahasa isyarat dasar bagi para dosen pengampu mahasiswa difabel.” Pelatihan bahasa isyarat akan menggandeng Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna rungu Indonesia (Gerkatin) agar dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar bagi mahasiswa difabel. (ahk/FN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *