HomeBeritaProdi Administrasi Bisnis Raih Akreditasi BAIK SEKALI

Prodi Administrasi Bisnis Raih Akreditasi BAIK SEKALI

Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis (AB) Universitas Sahid (Usahid) Surakarta meraih predikat BAIK SEKALI pada re-akreditasi yang ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). Akreditasi BAIK SEKALI didasarkan penilaian terhadap sembilan standar yang ditetapkan guna mengukur kualitas penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi, khususnya pada program studi bidang tersebut di atas. Mulai tahun 2020, penyelenggaraan akreditasi program studi dialihkan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ke Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Akreditasi beberapa Prodi telah dikelola LAM namun masih terdapat sejumlah Prodi yang masih dikelola BAN PT, menunggu kesiapan asosiasi keilmuan terkait, antara lain Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Psikologi. LAMEMBA sendiri merupakan lembaga penyelenggara akreditasi yang diprakarsai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI). Adapun Sembilan kriteria yang menjadi dasar penetapan akreditasi meliputi visi, misi, tujuan, dan strategi; tata pamong, tata kelola, dan kerja sama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tri dharma.
Penetapan hasil akreditasi BAIK SEKALI berdasarkan surat keputusan nomor 528/DE/A.5/AR.10/VI/2023, tertanggal 18 Juli 2023. Masa hasil akreditasi berlaku untuk lima tahun kedepan, atau hingga 18 Juli 2028. “Meski masa berlaku selama lima tahun, setiap tahunnya dilakukan assessment atau penilaian lapangan untuk menjamin kualitas penyelenggaran pendidikan di tempat kami. Asesor akan melakukan pemantauan, penilaian, setiap tahunnya.” terang kepala Prodi Administrasi Bisnis Universitas Sahid Surakarta, Anggit Dyah Kusumastuti, Jumat (21/7/2023).
Lebih lanjut Anggit menyatakan jika sistem pembelajaran Prodi AB Usahid Surakarta unggul sebab didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, kurikulum yang sesuai dengan domain Administrasi Bisnis yakni penekanan pada bidang keilmuan start-up bisnis/bisnispreneur, muatan mata kuliah yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha dunia industri, kerja sama Prodi dengan para stakeholder baik m instansi pemerintah, swasta maupun industri. Prodi ini juga ditegaskan sangat prospektif. Hal itu berkaitan dengan kondisi bisnis yang terus berkembang, termasuk start up. Star up bisnis saat ini merupakan satu peran yang diminati oleh kaum milenial dalam menggali ide bisnis yang kreatif inovatif sehingga menjadikan peluang besar bagi mahasiswa untuk berproduktif dan berdaya guna. Selain itu, lulusan AB juga dapat berkarir sebagai akademisi maupun praktisi. Pengembangan Prodi AB sendiri diarahkan pada bidang bisnis preneur dengan dukungan perkembangan digitalisasi sehingga mampu menjembatani kebutuhan market pasar, dunia usaha dan dunia industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *